Cara memperbaiki Bootloop / Softbrick Xiaomi Redmi NOTE 4 MTK

Salah satu varian Xiaomi yang berprocessor Mediatek (MTK) adalah Redmi Note 4 (Nikel). Dalam kondisi bootloop, smartphone dengan SoC Mediatek ini bisa di atasi dengan SP Flash Tools dan ROM fastboot.

Tutorial ini hanya untuk xiaomi redmi note 4 nikel dengan kode rom BF bagi kalian yang mengunakan xiaomi Redmi Note 4X Mido kode rom CF artikel ini tidak akan suport sebab beda rom dan procesor Snapdragon 

Cara ini juga bisa saja untuk menganti rom distributor ke versi resmi MIUI Jadi jika smartphone kamu tidak bootloop, jangan lupa backup data penting terlebih dulu karena bisa saja proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di Xiaomi kamu.


Pesiapan sebelum flashing
  • PC/Laptop dengan OS Windows 7 ke atas, lakukan disable driver signature dulu
  • Kabel USB Original atau yang berkualitas baik
Bahan-bahan:

#1 SP_Flash_Tool
Version : v5.1628 | Ukuran File : 45 MB

#2. ROM xiaomi Redmi Note 4 mtk
(Ganti nama file .tgz/tar menjadi berakhiran .zip kemudian ekstrak dan letakkan di drive C:\ atau pada folder tanpa spasi).

#3 XiaomiAdbDriver.zip disini / MT6577_USB_VCOM_Drivers.zip disini

#4 Cust.Img  Download (Letakkan di folder /images hasil ektrak dari ROM Fastboot di atas).

Sebelum memulai proses flashing, letakkan file cust.img ke folder /images hasil ekstrak ROM fastboot tadi..bila muncul pemberitahuan "There is already a file with the same name is this location." pilih saja  Move and Replace

bila sudah beres sekarang kita mulai proses flashing atau ,mem perbaiki xiaomi  Redmi NOTE 4 MTKyang mengalami bootloop

tutorial cara flashing  Xiaomi Redmi NOTE 4 MTK yang bootloop


Step 1 - setelah kamu selesai menguduh SP_Flash_Tool extract pada folders tanpa spasi atau folder baru pada komputer kamu dan temukan flash_tool.exe. Klik Kanan » Run as administrator hingga muncul tampilan seperti berikut :

Step 2 - Pada “Download-Agent” pastikan mengarah ke file “MTK_AllInOne_DA.bin” yang berada pada folder SP Flash Tools selanjutnya pilih mode Download Only.

Step 3 - Klik Scatter-loading, selanjutnya arahkan ke folder ROM fastboot yang telah kamu ekstrak dan cari file MT6797_Android_scatter.txt yang berada pada folder /images bila kamu tidak menemukan nya pilih ALL FILE

Step 4 - Selanjutnya, hilangkan centang pada USRDATA jika kamu ingin data di memory internal HP tidak hilang atau sebaliknya.Jika sudah, klik Download.

Step 5 - Selanjutnya matikan smartphone Tekan dan tahan tombol Vol Down kemudian segera sambungkan ke  PC/Laptop menggunakan kabel USB hingga muncul Red Bar (Bar Merah) di bagian bawah SP Flash Tools (jika devices kamu terdeteksi).

Tetap tahan tombol Vol Down dan lepaskan jika Bar Merah ini sudah berubah jadi Kuning, yang artinya proses flashing sedang berjalan.

Step 6 - Tunggu proses hingga Bar Kuning selesai sepenuhnya dan proses flashing berhasil ditandai dengan ceklist hijau seperti berikut..

Sampai tahap ini proses flashing selesai.Tunggu saja hingga masuk ke Homescreen dan lakukan pengaturan ulang. Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Troubleshooting!
Perangkat tidak terdeteksi (tidak muncul Red Bar)
Jika tidak muncul Bar Merah hingga Kuning, artinya kamu belum terkoneksi dengan baik. Hal ini biasanya disebabkan karena driver yang belum terpasang dengan sempurna, belum menonaktifkan driver signature atau kabel USB rusak.

solusi Lihat device manager, jika smartphone terdeteksi, akan muncul Mediatek Preloader USB VCOM (Android) tanpa tanda pentung.Jika ada tanda pentung, artinya kamu belum menonaktifkan driver signature.

semoga bermanfaat

Trimakasih telah meluangkan waktu untuk meningalkan komentar tetapi sebelum itu mohon hindari poin poin berikut ini agar komentar anda tidak di hapus oleh admin Hhxiaomi

1.mengunakan kata kata kasar
2.memasang link aktif pada kolom komentar

agar kamu dapat mengetahui balasan komentar jangan lupa untuk mencentang "Notify ME"

Click to comment